Sunday, October 12, 2003

Beda mata kuliah, beda dosen, beda style ngajar, beda juga sistem ujiannya...

Sistem ujian klasik, closed book alias tutup buku...semua catetan, text book, fotokopian maupun asli hukumnya haram! Model begini sih udah diterapin dari jaman SD ampe SMA. Ampe gue kuliah tingkat satu juga ujiannya model begini semua.



Pas udah kuliah di jurusan, gue sempet kaget pas dapet ujian sistem open book alias buka buku. Gue pikir asik banget, gak perlu blajar nih !! Ternyata gue salah besoarrrr sodara-sodara, ujian open book itu justru lebih susye karena jawaban pastinya gak akan ada di buku...apalagi kalo giliran kuliah matematika rekayasa, hiiiiih...ujian open book berarti soalnya 4 kali lebih susye drpd ujian closed book. Pernah sekali nih, sebelum ujian si dosen udah wanti-wanti anak2 buat bawa buku sebanyak-banyaknya untuk referensi pas ujian, soalnya bakal berupa studi kasus...nah, pas hari H, anak2 dateng dengan setumpuk buku yang tebel masing2 gak kurang dari 3 senti...gue aja kalo gak salah bawa 5 buku (pemecah rekor bawa 10 buku, ha!)....hasilnya? seinget gue paling tinggi dapet C, itu juga cuma 10% dr satu kelas, sisanya D ama E....hueeeee...



Ada lagi dosen yang nerapin sistem buka catetan, cuma boleh buka catetan kuliah, text book dan fotokopian catetan teman tetap berstatus haram berat...walhasil saban giliran si dosen ini ngasi ujian, dari pagi anak2 pada ngumpul di ruang mahasiswa buat nyalin catetan anak laen yang lebih lengkap...



Model laen, ujiannya sistem buka handout...jadi di awal semester si dosen udah ngebikinin handout mata kuliah yang isinya tabel-tabel segala rupa yang berhubungan ama itung2an di kuliah, dan cuma itu yang boleh dibuka selama ujian...nah, kalo ini bisa dikadalin dikit...kadang disela2 angka2 di tabel itu kita suka "nyelipin" rumus2 & tori2 penting...hihihi...



Favorit gue, ujian buka A4...jadi setiap peserta ujian boleh bawa selembar A4 yang terserah mo ditulisin apa aja (kalo muat seluruh isi catetan kuliah & isi textbook juga bole)...gue seneng,soalnya tulisan gue kan kecil2, jadi satu A4 muat banyak, hehehe...yang sebel tuh anak2 yang tulisannya gede2, tapi mereka suka ngadalin pengawas ujian dengan make kertas A3 yang dilipet dua :D

Ada satu lagi ding, take home test...Enaknya kalo dikasi waktu sehari-dua hari buat ngerjain...ini mah dikasi soal jam 11, jam 3 dikumpulin :(

No comments: