Saturday, November 26, 2005

Do-It-Yourself-Facial-At-Home




Pada dasarnya kulit muka gue gak terlalu bermasalah, paling rada jerawatan dan bekas-bekasnya doang...biar ga mulus lus lus yang penting masih sehat lah...
Sempet gue rada tergoda pergi ke dokter kulit di salah satu skin care terkemuka di Bandung (tsah!), tapi setelah ngeliat penderitaan temen gue yang duluan kesana (kulit mukanya dikelotokin gitu, trus jadi merah kayak ikan rebush selama bbrp hari, trus jadinya emang mulus pisan...tapi die jadi ga bisa bebas jalan-jalan di bawah matahari...jadi sensitif gitu de kulitnya...), mending gue ngurusin muka di rumah ajah.

Yang penting satu: bersihin muka setiap mau bobo (cleanser and toner please) dan pake nite cream buat yang umurnya udah diatas 25.
Dan kalau ngerasa idung dan dagu udah mulai bruntusan, facial!
Di salon? JANGAN! Jangan sembarangan salon maksudnyeee....

Kalo mau irit dan praktis, facial di rumah ajah.
Here's the how-how:

1. Bersihkan muka dengan cleanser & toner (sebaiknya bersihkan dengan kapas basah).
Lanjutkan dengan sabun lunak (sabun muka yang ngga bikin kulit lo kering atau sabun bayi juga gapapa) dan basuh dengan air hangat.

2. Amplas! Bukan pake kertas pasir, tapi pake facial scrub :D Misalnya Fresh Soft Sense Apricot Facial Scrub (kalo ga salah merknya ya, di supermarket banyak kok, butirannya kasar dan berwarna kecoklatan) atau Seaweed Foaming Facial Scrub-nya Bodyshop. Basuh lagi dengan air hangat (jangan panas ya, kebakar ntar...)

3. Rebus air, tuang ke wastafel atau baskom. Uapi muka lo dengan uap air panasnya. Untuk hasil maksimal, tutup wastafel atau baskom dengan handuk supaya uapnya lebih konsen ke muka elo. Lakukan 4-7 menit, pokoknya sampe muka kerasa kringetan. (ini lebih baik daripada muka lo dipencet-pencet buat ngeluarin jerawat atau komedo).
Tepuk-tepuk muka dengan handuk hangat.

4. Maskeran 5-10 menit. Usahain pake masker yang bentuknya krim lembut. Kalo pake yang bubuk suka kering banget hasilnya. Basuh dengan air dingin kalo sudah selesai.

5. Moisture. Pakai pelembab, yang ringan-ringan aja. Jangan pelembab yang mengandung whitening atau sunscreen atau tinted moisturizer gitu deh...pokokne, pelembab thok!

Voila, dijamin muka lebih cling :)

No comments: