Saturday, February 08, 2003



aslinya dari mana mbak?







Gue paling pusing kalo dikasih pertanyaan seperti di atas. Kenapa? Soalnya begini:

Gue lahir di Bandung.

Umur 5 tahun ampe lulus SMA gue menetap di Riau, ngikut bokap dines di sono.

Mulai kuliah sampe detik ini gue tinggal di Bandung lagi.

Nyokapnya bokap gue asli Sumatra Barat, Kotogadang tepatnya, sementara bokapnya bokap orang Ambon.

Nyokap gue orang Jawa Barat � itu juga nyampur � Banten ama Kuningan.



Gak salah kan, kalo ada yang nanya gue asli mana, gue balik nanya �maksudnya asli lahir, asli dibesarkan dimana, ato asli sukunya?�

Biasanya si penanya suka bingung, trus balik nanya �emang beda-beda ya mbak?�

�In my case sih beda�

�O gitu? Ceritain dong, saya gak ngerti��

Dan mulailah gue ngedongeng, � Saya ini emang lahir di Bandung, tapi dibesarkan di�dst�dst��

Trus si penanya nganguk-ngangguk dan berkomentar singkat, �rumit ya?�

Ah, gak juga�



Pernah juga ada yang nanya gini, �elo orang mana sih?�

Gue jawab, �orang Indonesia.�

It�s absolutely true, right? Tapi pasti si penanya enggak puas dan nanya lagi, �ih, itu sih nenek-nenek juga tau�maksud gue elo aslinya dari mana? Asli Bandung?�

�Gak juga��

�Trus?�

Dan mulailah gue ngedongeng lagi�.



Pertanyaan begini paling sering muncul pas jaman gue baru masuk kuliah. Salah satunya waktu di ospek, gue ama seorang temen di�culik� ke salah satu pojok. Di sono kita di-interogasi ama beberapa setan gondrong & botak�nah, salah satu pertanyaannya tuh pertanyaan standar �kau asalnya dari mana??�

Temen gue sih cukup ngejawab �dari Medan bos� � trus beres.

Giliran gue, �dari Pekanbaru bos��

�Kau asli sana?�

�Enggak�

�Jadi kau orang mana?�

�Ayah saya sih berdarah sumatra barat��

Belum selesai gue ngomong udah langsung pada brisik �woy ada Padang di sini!� dst dst dst�langsung deh, DIBAHAS�ampun! What�s the big deal? Mungkin kalo gue bilang �ibu saya orang Banten� ceritanya beda lagi ya?

Dan dua minggu berikutnya ada yang seenak udelnya ngeganti nama gue jadi �Padang�. Sompret�



Yang rada-rada ajaib pas gue lagi nunggu jemputan pulang berenang. Gue duduk di deket pos satpam. Tau-tau si pak satpam nanya, �adek borunya apa?�

Huh, boru? Kalo gak salah itu kan kata lain buat marga orang Batak. Kok gue ditanyain marganya ya � gue ngebatin � apa karena muka gue mirip-mirip Lulu Tobing? *dezighhhh* [hekhek, maab pemirsah � itu maxudnya mirip Lulu kalo diliat dari Monas pake sedotan�.]

�Oh, saya bukan orang Batak pak�� akhirnya gue ngejawab.

�Oooo�maaf kalo gitu�adek orang mana?�

Wek, mulai lagi dehhh�

No comments: