Saturday, November 30, 2002



Etika, adab, peraturan dll..dst..





Kemaren siang, sekitar jam 2 siang, gue abis dari kelautan mau ke gerbang depan kampus gue. Di boulevard, gue jalan di trotoar...mohon digarisbawahi, gue jalan di trotoar...dan menurut gue trotoar itu sampe detik ini belum beralih fungsi dari semestinya, yaitu sebagai tempat orang berjalan kaki...betul??? *pake intonasi ala Zaenuddin em zet*

Nah, begitu sampe di depan lapangan voli, gue jalan agak menunduk biar bisa menghindar becek (maklum, gue pake selop warna putih)...tau-tau, pas gue ngangkat kepala gue, di depan gue udah ada motor lagi jalan di trotoar...emang enggak full speed sih, tapi lumayan kenceng bikin gue kaget setengah mampus dan ngelompat keluar dari trotoar. Yang bikin gue tambah sebel, si pengendara motor bukannya minta maaf ato at least menunjukkan rasa bersalah, ini malah langsung nyamperin temen-temennya yang duduk-duduk di bangku pinggir boulevard seolah-olah enggak terjadi apa-apa....Saking dongkolnya gue enggak bisa berkata-kata, langsung aja pergi dari situ sambil ngutruk-ngutruk.
Sepanjang jalan pulang gue balik ngutruk diri gue sendiri, kenapa gue gak langsung tegur tu orang. Paling enggak ngingetin, kalo trotoar itu tempat orang jalan kaki, bukan motor ngebut...Yang bikin gue tambah prihatin, si pengendara itu adalah mahasiswa kampus gue yang terkenal "pinter-pinter" [dan diembel-embelin "putra-putri terbaik Indonesia"]. Ternyata, tingkat intelektualitas itu enggak berbanding lurus ama sikap dan perilaku keseharian ya...

Yah, mungkin enggak fair kalo gue mukul rata semuanya. Tapi kejadian ini bikin gue inget contoh 'kasus2' memalukan yang dilakukan oknum-oknum mahasiswa kampus gue di tempat umum. Salah satunya tuh waktu gue antri ATM di BCA Dago. Antrian sebenernya gak terlalu panjang...tau-tau, entah dari mana, nongol si 'oknum' ini (dia mengenakan atribut himpunan tertentu,red.) dan langsung berdiri di depan bapak-bapak yang ikut antri di depan gue. Gue ama si bapak langsung bengong, tapi blom ngomong apa-apa. Orang-orang di belakang gue akhirnya pada nyepet, "prasaan kita udah disini dari tadi, tapi ada yang maen srobot aja ya???", dan disambut koor "iyaaaaaa"...Entah si 'oknum' itu badak ato gimana, doi malah pasang tampang enggak bersalah dan seolah-olah bingung...*ampuuuuuun*

Dah gitu, di kantor pos kampus juga sempet kejadian yang mirip-mirip. Pas gue lagi ngantri (antriannya cukup panjang), tau-tau ada anak yang gak pake basa-basi langsung berdiri di depan loket...blom sempet nyepet, tau-tau ada anak lain yang lagi ngantri juga langsung memegang (tepatnya mencengkram sih) pundak si penyerobot tadi sambil bilang "mas, anda bisa lihat kan kami ini lagi antri? walaupun anda buru-buru tapi tolong hormati kami yang sudah antri dari tadi"...langsung deh, sang 'penyelamat' tadi dihadiahi senyum terima kasih dari satu antrian...sementara si tukang srobot dengan muka merah kuning biru pindah ke belakang antrian :)



No comments: