Tuesday, November 26, 2002



Kue putu




"Putu bambu is a traditional dish comprising double-steamed rice flour in bamboo tubes with gula melaka and grated coconut"





Barusan uwa gue dateng dari Garut, abis nganterin bantuan untuk korban bencana alam di pedesaan sekitar gunung Papandayan yang sempet 'bangun' beberapa hari terakhir ini. Dan tebak gue dibawain apaan dari sono: kueh putu!!! Kali ada yang mikir, ni anak dikasi putu doang ampe segitu girangnye, kayak di Bandung kekurangan tukang putu aja...
Jadi ceritanya dari awal minggu lalu gue emang udah 'ngidam' putu. Yang gue incer tuh putu ukuran jumbo yang dijual di rumah Matahari Cikapundung--ato paling apes putu yang lewat depan rumah deh...tapi, karena sesuatu dan lain hal, ampe hari ini tu putu enggak kebeli-beli juga. Dan tau-tau malem ini seperti sulap, voila! Sebungkus putu udah nangkring dengan manisnya di meja makan, menanti untuk disantap *gulp!*


Putu hasil impor dari Garut ini rada beda ama putu-putu yang dijual di Bandung. Warnanya sama-sama ijo, tapi yang ini tekstur adonannya lebih lembut *nyammmm*...dah gitu ukurannya juga sedikit lebih gede dari tukang putu yang biasa mondar-mandir di sekitar rumah gue, tapi jelas lebih kecil dari putu-nya Cikapundung. Dan yang bikin gue hepi, putu yang ini enggak pelit gula merah :p


Jadi inget putu made in Pekanbaru. Di sana nyaris gak ada kue putu yang berwarna ijo - semuanya putih! Trus bentuknya cenderung lebih langsing dari putu bandung -- dan rada pelit gula merah :( Tapi lucunya, kelapa parut untuk taburan putu dicampur ama gula pasir...jadi ya, manisnya lumayan juga sih...


*sesek napas...kekenyangan putu*


Edan, gue cuma makan dua biji tapi jadinya kekenyangan begini...Gara-gara makan nasi kebanyakan kayanya, soalnya abis buka tadi ada ayam goreng anget, sambel dadak ama lalap daun kemangi--jadi aja makannya nambah melulu. Gawats, mesti olah raga dulu nih sebelum tidur...bukan apa-apa, bisi baju lebaran yang baru beli tadi gak cukup pas hari H-nya :p



No comments: