Monday, December 30, 2002

Home(?) sweet home(?)



Gue suka bingung kalo ditanya orang, "aslinya dari mana??" atau "kampungnya dimana?". Here's the thing, I was born in Bandung - I grew up in Riau (Duri & Rumbai - tha'ts where I am right now - lagi mudigs ceritanyah) - and the last 6 years I've been in Bandung again. Tapi, kalo mo ditanya asli suku mana, nyokap gue Jawa Barat (Banten + Kuningan) sementara bokap campuran Ambon + Padang (Kotogadang, Bukittinggi tepatnya....). Makanya kalo ditanya kayak tadi, gue suka mikir rada lama dulu...mo jawab yang mana dulu nih!

Eniwey, sekarang ini gue lagi di Rumbai - Pekanbaru - Riau. Dalam rangka liburan taon baru critanyah. Gue brangkat dari Bandung hari Minggu naek kereta jam 6.30, trus sampe Gambir langsung naek bus ke bandara Soekarno Hatta. Sampe bandara gue ngider-ngider di semua counter nyari tiket pesawat ke Pekanbaru. Setelah mentok di Mandala, Merpati, Pelita ama Batavia - gue akhirnya dapet tiket Star Air jam 13.30...cuma harganya bow, mentang2 lagi mo taun baru pake tuslah 20 persen!! Tapi yah, gue itung2 daripada gue ke Jakarta lagi trus besoknya nyari tiket yg lebih murah - selain nyapein badan juga ngabisin ongkos, mending gue bayar rada mahal dikitlah.

Tiap kali gue mudig ke sini acara utama gue adalah MAKAN! Lupain diet, lupain kolesterol-gula-asem urat-dll. Biar dikata Bandung itu surganya makanan, teteup ajah ada makanan sini yang tiada dua enaknya....

Sate padang si Cun
Si Cun itu nama tukang sate padang yang mangkal di deket mesjid al-ittihad rumbai. Dari jaman gue TK gue udah demen makan di situ - gak tau, rasanya tuh asik banget! Tadi malem gue udah makan di situ bareng tante gue yang kerja di sini juga...nyammmm...pedes-pedes ditambah awuran kripik cabe yang kriuk-kriuk...

duren
Di Bandung duren sih juga ada...tapi kalo makan di sini rasanya teteup aja lebih surrrrr (selain harganya juga lebih muraaaah). Kemaren masih rada mahal sih, yang gede dapetnya 8000 perak...Yang gue demen, kalo makan duren pake nasi ketan + kelapa parut atawwww kalo si mamah bikin durennya jadi kolek = kolek duren! enak sumpah!

Lontong sayur bedeng ato belakang rumah sakit
Modelnya sih kayak lontong kari, tapi lebih pedes, lebih berbumbu - pake sayur nangka ama daun singkong...asik buat sarapan! Belinya di bedeng ato di hutan belakang rumah sakit rumbai. Enaknya juga di awurin pake kripik cabe *slurrrrrrrp* Kalo mau yang rada 'antik' - bisa nyobain lontong + gulai daun pakis di pasar rumbai...dijamin yummie!

Bubur ayam
Yeah, bubur ayam...gak ada yang bisa nandingin bubur ayam di sini. Beda ama umumnya bubur ayam bandung yang kental, di sini buburnya encer banget dan sisajikan panas-panas, trus dicemplungin telor. Kalo di Bandung temen si bubur berupa semangkok krupuk, di sini temennya bubur adalah semangkok cakue! Yep, cakue yang dipotong tebel-tebel (2 sentian deh...di sini cakuenya gedhe-gedhe lhoooo). Kalo gue senengnya makan bubur trus minumnya es susu kedele! Segerrrrr banget! Dan gak bau! Gue kalo di Bandung suka susah minum susu kedele, kalo disini bisa nambah....gak tau, rasanya kok enak aja gitu...

Mie pangsit
Kalo di sini enggak dikenal pangsit goreng. Jadi kalo pesen mie pangsit yang dateng ya semangkok mi + asesorisnya ditambah semangkok kuah berisi pangsit basah + baso. Dan rasanya juga khas banget, beda ama yang di Jawa...kalo gue lagi bosen mi pangsit biasanya beli kwetiaw goreng...singkat saja: enak!

Nasi Bungkus
What, nasi bungkus? Yes, nasi bungkus, yang dari rumah makan padang itu lho. Gue paling demen, apalagi kalo lauknya dendeng batokok atau ayam pop medan. Tiada dua tiada banding deh, suer! Cuma di sini porsi nasi bungkusnya emang rada-rada 'aduhai'. Hampir 2x porsi nasi di Bandung - maklum deh, orang sumatera kan makan nasinya emang banyak...gue inget pas udah tinggal disini sekitar 6 tahun, trus sekeluarga pulang ke bandung via puncak - makan di rm padang di cipanas. Porsi nasinya kan dikit tuh, jadi minta tambah terus - pokoknya total2 sekeluarga (berempat, adik gue yg plg kecil blom ada) ngabisin 13 porsi nasi....yang ngitungnya aja ampe bingung, padahal di rombongan anak kecilnya ada dua, cewe lagih :D

Hamburger club
Di contry club deket rumah ada snack bar yang jualan burger dll. Duluuuu banget, rasa burger di sini lebih nyam nyam. Tapi sekarang juga masih mendingan dibandingin burger di fast food. Dengan 5500 perak kita bisa dapet hamburger dengan daging setebel 1 senti, roti buatan sendiri yang empuk & tebal, dioles mayones dan saos tomat, lengkap dengan sayuran lettuce + tomat...*gulp*.

Huaaaaa, udah ah...gue jadi laper sendirii :p

No comments: